Posted by : Bagus Triatmaja Sabtu, 24 Agustus 2013




Budaya dan Tradisi Indramayu


Indramayu memiliki potensi wisata yang lengkap, baik wisata Alam, wisata Ilmu Pengetahuan dan teknologi (IPTEK), wisata Agro dan Wisata Rohani.
Selain itu Indramayu kaya akan potensi seni dan budaya yang beragam    serta trdisi lama yang masih hidup dan berkembang dimasyarakat seperti Upacara adat Ngarot dan Nadran. Yaitu upacara adat bagi orang pesisir laut, dimana dalam upacara tersebut diadakan doa bersama dan juga sedekah laut, yang dimaksudkan sebagai ucapan terima kasih atas, berkah yang telah laut berikan bagi masyarakat nelayan setempat dan untuk menjauhkan segala musibah yang tidak diinginkan.

 Sintren
Sintren atau Lais merupakan salah satu kesenian rakyat yang masih tetap hidup dan berkembang dimasyarakat pesisir, terutama Pantai Utara. Selain nuansa magis, kurungan ayam, menjadi daya tarik dari kesenian Sintren. Juga alat musik yang khas berupa buyung, kendi dan bumbung atau batang bambu. Memang dalam kesenian ini terkesan unsure magis yang kental didalamnya, namun ini merupakan salah satu dari kekayaan budaya yang dimiliki Rakyat Indonesia.

Tari topeng
Gerak tari yang khas, kostum yang berciri Topeng spesifik, membedakan tari Topeng Dermayon (nama khas dari topeng indramayu) dibandingkan dengan daerah lain. Indramayu memiliki seorang maestro tari Topeng yaitu Ibu Rasinah (74 tahun) warga Desa Pekandangan yang sudah banyak tampil di mancanegara. Merupakan suatu prestasi yang membanggakan dan membuat harum nama bangsa dimata dunia.

Tarling
Tarling merupakan seni musik dan lagu yang pada awalnya ditampilkan dalam bentuk nyanyian (kiser) yang diiringi oleh gitar dan suling saja.
Sejalan dengan perkembangan zaman, kesenian tarling mengalami perkembangan dan perubahan yang cepat. Saat ini tarling sudah dilengkapi dengan alat-alat musik yang modern. Kendatipun demikian Tarling klasik masih banyak diminati oleh wisatawan karena keunikanya mulai dari notasi lagu dan lirik – lirik yang ada didalamnya, yang menggunakan bahasa jawa dan bahasa indonesia.

Genjring Akrobat
Salah satu jenis kesenian tradisional masyarakat Indramayu adalah merupakan pertunjukan berupa akrobat/atraksi dengan media tangga, sepeda beroda satu dan sebagainya.
Kesenian Genjring Akrobat dalam penyajiannya diiringi alat musik Genjring/Rebana dengan dilengkapi tari Rudat. Yang mencerminkan budaya muslim yang ada pada masyarakat Indramayu.

Cindera Mata

Indramayu memiliki cindramata yang seringkali diburu oleh wisatawan,
Diantaranya
Batik Tulis Paoman
Batik yang berciri khas pesisir, memiliki corak yang berbeda dengan batik daerah lainnya. Perpaduan antara kepercayaan, adat istiadat, seni dan lingkungan kehidupan daerah pesisir, ditambah lagi adanya pengaruh dari luar, seperti Cina, Arab dan Timur Tengah, Hindu-Jawa serta Eropa ikut mempengaruhi terbentuknya motif dan karakter batik tulis pesisir.
Industri kerajinan batik tulis ini terdapat di Kelurahan Paoman, Desa Pabean Udik, Kecamatan Indramayu dan Desa Terusan Kecamatan Sindang. Kualitas dari batik yang mem punyai ±200 motif ini telah mampu menembus pasaran internasional, terutama para kolektor batik dari mancanegara.

Kerajinan Bordir
Kerajinan bordir berkembang cukup pesat di Indramayu, terletak di Desa Sukawera, Kecamatan Widasari ±22 Km dari Kota Indramayu. Hasil produksinya mampu memenuhi permintaan pasar regional dan Nasional.
So, Indramayu merupakan daerah yang sangat menarik untuk dikunjungi bukan? Apalagi letaknya yang sangat strategis, disepanjang jalan pantura. Sembari anda menikmati perjalanan ke Jawa atau Jakarta, anda bisa mampir sejenak untuk menikmati kota Indramayu nan Asri. Sekian ulasan tentang kota indramayu yang semoga dapat menambah khasanah pengetahuan terhadap Negara Indonesia kita tercinta.

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Flaming Pointer

Pages

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
Flaming Pointer

- Copyright © INFORMASI "MeNaRiK" -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -